Friday, October 9, 2009

Makanan khas Lebaran di rumah eyang ::SRAGEN::

yah mau crita2 dulu nih temen2..
saya lahir dan hidup diklaten dari kecil ampe SMA,,,kalo sekarang nih gi ngangsu kawruh :belajar/kuliah:di bandung. nah walaupun kenyataannay seperti diatas,,tapi di Indonesia ada sebuah tradisi yaitu MUDIK pas lebaran,,jadi bisa diartikan bahwa mudik itu KEMBALI ke "desa" untuk bersilaturahmi ke sanak saudara ditempat lahir kita dan kehidupan waktu masa muda kita,ya gampangannnya sih berkunjung ke ORTU wajib setiap tahun sekali.

nah yang akan saya post disini adalah tentang makanan waktu lebaran nih temen2,,kalo ditempat eyangku yang terletak di kecamatan Ngrampal desa murong Sragen, ada banyak makanan khas sih tapi yang akan saya pamerkan disini adalah beberapa makanan yang selalu saya tunggu kalolebaran dirumah eyang yaitu


1. Apem :bukan sembarang apem karena emang ada hanya saat lebaran,bentuknya ga bulat seperti yang ada diperayaan sebaran apem JATINOM Klaten,tapi berbentuk kerucut,seperti eskrim:














yah ini adalah perwujudan dari apem yang saya maksud,,
rasanaya enak bgt lho,,yakin dan ga bohong,,

sayang fotonya baru sempat saya ambil ketika sudah hampir habis,

makanan ini keluar saat setelah shalat ied,


2. Tape ketan :bukan sembarang tape ketan juga,,karena emang cuma ada saat lebaran, dan ternyata ada resep rahasianya lho,,setiap keluarga punya ciri kahs masing rasa tapenya:

nah itu penampakannya gan,,kalo yang kiri dibuat pake ketan putih,,ada juga yang dari ketan hitam ,,,nih gambarnya :



nah kalo yang sebelah kanan ini adalah cara makannya ,,disendokin pake makanan yang namanya emping...
wah terasa sangat nikmat ,,

mantabz jaya lah,,
hahhahahha


3.Soto khas mbah mariyem :wah ini resep rahasia temen2,,,hanya ada dirumah mbah mariyem ,,yang bisa masak juga cuma beliau,poknya rasanya maknyus deh,,ga sempat saya abadikan gambarnya, rahasia soalnya,,:

jadi yang sungkeman ama beliau pasti dapet merasakan nikmatnya soto buatan beliau...




yak mungkin itu saja yang bisa saya post.dah ngantuk,,mau tidur dulu,,

No comments:

Post a Comment