Friday, May 24, 2013

SoloTaveling ke Wakatobi part I

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

selamat pagi kawan - kawan semua, kali ini saya mau mendongeng tentang kisah yang awalnya hanya sebuah dongeng bagi saya, tapi akhirnya terwujud ,,*lebay dikit* sepertinya akan jadi beberapa part , maaf ya kawan.

yak perjalanan kali ini saya awali dari kendari pada tanggal 8 April 2013, kebetulan ada beberapa kota yang harus saya visit dulu sebelum solo traveling saya, yaitu kendari ,Kolaka , Raha/Muna , dan Baubau . dari beberapa kota yang saya visit dulu , yang paling menarik adalah baubau ,mungkin nanti saya ceritakan di postingan tersendiri ya hehehe

sebelum saya mulai , benar2 mengucapkan terimakasih ke Allah SWT , ortu saya , manajer saya , miss gigi/drg amel dan juga ningsih sekeluarga, kemudian teman- teman di baubau , warga kaledupa , warga tomia , dan teman - teman baru di kapal yang saya tumpangi .  kyak sambutan dapat grammy awaard :P

cukup becandaan saya ya, mari kita mulai...

wakatobi bukan lah nama dari sebuah pulau , tapi nama sebuah kabupaten di Sulawesi Tenggara yang merupakan nama dari beberapa pulau besar di kabupaten tersebut . yaitu WAnci , KAledupa , TOmia , BInongko. dan kalau baca - baca di internet wakatobi adalah salah satu "surga" nya bawah laut indonesia.

sumber gambar http://www.coremap.or.id/lokasi/wb/wakatobi/

kemudian perjalanan ini menjadi nyata setelah saya sampai di baubau , dari info teman teman di baubai dan seijin dari manajer saya , akhirnya saya melanjutkan perjalanan menuju wakatobi untuk mewujudkan mimpi saya yang masih seperti dongeng hahahaha

untuk mencapai wakatobi , jalan utamanya adalah dari baubau , mungkin kalau dari jakarta naik pesawat / kapal pelni menuju makasar atau kendari , kemudian dari kedua kota tersebut menuju baubau . kyaknya ada sih pesawat dari kendari - wanci tapi ga tau juga jadwalnya   . nah dari baubau ini kita naik kapal kayu atau speedboat (org - org sana nyebutnya speed) , ada banyak kapal dan tujuan nya pun variatif dan jadwalnya pun variatif, sehingga alangkah baiknya kita menjadwalkan hari lebih untuk travelling ke sana.

kebetulan saya kemaren nyampe hari kamis di baubau, dan ada speed jam 12.00 menuju ke pulau KAledupa perjalanan sekitar 6 jam, sedangkan kalau di hari jumat adanya kapal kayu menuju ke pulau TOmia jam 21.00 dan perjalanan sekitar 12 jam atau lebih tergantung cuaca . dan kapal2 ini biasanya tergantung cuaca ,bisa saja mereka tidak berangkat di hari dan jam nya seperti biasa , jadi spare waktu ya kawan .

narsis dulu di atas speed

6 jam di speed tidak membosankan kog sante saja, pemandangan langit laut banda itu sangatlah indah , dan tambah indah menjelang sampai di wakatobi,  apalagi kalau bareng temen - temen , tapi karena saya solotrip jadi ya ngobrol sama org - org diatas kapal yang sebagian besar adalah penduduk waaktobi , orang nya ramah - ramah gan , dan saya juga dapet infonya juga dari mereka - mereka ini ,dan pastinya juga yang foto in foto diatas , hahaha, tanpa malu selama perjalanan saya pun meminta tolong kepada org - org yang saya ajak ngobrol untuk mengambil gambar diri saya, hehe.. jadi perjalanan saya walaupun sendiri tapi lancar , alhamdulillah ....

owh ya mengapa saya pilih ke Pulau KAledupa ? karena pada hari saya sampai yaitu kamis , yang ada hanya lah kapal menuju KAledupa , jadi yang penting hari itu saya sampai disalah satu pulau di wakatobi . karena kapal antar pulau nya insyallah ada setiap hari nya. jadi mending kalao sudah sampai baubau tanya saja ke warga sekitar pelabuhan atau langsung ke tiketing pelabuhannya.

sesampainya di pelabuhan di pulau KAledupa saya langsung menuju ke satu satunya penginapan di pulau tersebut menggunakan ojek  untung ada yg mau ngaterin :P ... untuk ongkosnya rata - rata ojek di daerah wakatobi ini biasanya 10 - 20 ribu , ya  sekedar mengganti uang bensin saja , FYI harga BBM disana 8rb/liter atau 10rb/liter.

narsis di depan penginapan Pulau KAledupa

nah itu penginapan yang saya tempati kemaren, ini satu satunya yang bener2  penginapan di pulau ini , yang lainnya mungkin semacam rumah milik warga . nama penginapan ini adalah Penginapan Madya Siru ,kemaren  ketemu pengelolanya yang bernama La Mitra (La adalah sebutan mas di daerah sana) , orangnya baik ramah dan informatif sekali , terimakasih la ... disana kebetulan cuma ada 9 kamar kalao nggak salah, jadi kalau pas penuh ya kita nggak bisa menginap disana.

nah ternyata usut punya usut ,kalau pulau ini tujuan destinasi wisatanya adalah di Pulau Hoga, Pulaunya nggak jauh sih dari pulau ini, ya 20 menit lah naek kapal motor. dan akhirnya saya menginap disini karena hari sudah gelap. kemudian saya lapar dan mencari makan .

ibu penjual makanan di pasar malam di pulau KAledupa
                                                             Seafood murah disini :P

makanan yang saya dapat disini adalah yang berbahan dasar ketela pohon yang bernama kaswami dan lapalapa , dan kemudian ikan dan juga kepiting , mau tau harga kepiting pada gambar diatas ? hahah ,, satu nampan itu Rp 20.000,- murah gan  , kalao ikannya Rp 10.000,- / 3 ekor . dan alhamdulillah kenyang :) ,mari tidur dulu

owh ya FYI kalao listrik disini umunya adalah HANYA ada jam 18.00 - 06.00 jadi sebelum tidur alangkah baiknya di charge semua ya kawan ,, beruntung kawan kawan yang bisa mendapat listrik setiap hari dan setiap jam juga BBM murah ,,

cerita lanjut disini ya kawan ..........