Tuesday, December 1, 2009

sedikit tentang focal lenght

ehm..tadi sempat baca2 di forum diskusi FN ttg "perbandingan focal length dengan jarak" pertama2 sih ga ngerti juga ttg apa itu FL. setelah baca ternyata agak sedikit tau juga. Tapi di forum diskusi itu ada yang lucu juga,yang dibahas dan diributkan tuh juga ga terlalu prinsip..hahhaha,bikin ketawa2 juga sih,,antara maen2 teknis dan feeling aja.
nih reviewnya:

Re: perbandingan focal length dengan jarak:


Kok jadi repot, tinggal lihat dari view finder kan lebih enak, tapi kalo mau ilmiah perhitungannya ini saya buat suatu ilustrasi dengan beberapa asumsi :
1. pake kamera nikon DX, yang mempunyai bidang sensor panjang 23,6 cm, (kalo kamera canon beda lagi), lalu pemotretan dengan posisi potrait
2. didapat sudut pandang vertikal, 18mm=66,5 derajat dan 70mm = 19 derajat (nilai ini bisa dihitung secara geometri, atau diukur langsung dari gambarbisa juga membaca spek lensa).
3. jika tinggi benda hanya 160 cm (ini karena keterbatasan bidang gambar yang hanya 500px) maka.
4. gunakan pelajaran geometri kelas 2 smp, yang saya tahu: tangen tetha = y/x
5. dengan lensa 70mm didapat jarak x'=47,9cm, ditambah panjang fokus 70mm maka jarak dari bidang sensor ke benda =57,9 cm
6. dengan lensa 18 mm didapat jarak x=12,2cm, ditambah panjang fokus 18mm maka jarak dari bidang sensor ke benda = 14 cm.

jadi kalo mau tahu jarak yang lain tinggal silahkan hitung sendiri..., tapi kok saya malah bingung sendiri setiap motret harus bawa kalkulator sama meteran winking






















nih ada balasnnya yang saya sangat setuju :
knapa mesti bingung2 ngitung bro..? karena setau saya (CMIIW), kalo beda focal lenght (FL), pasti hasil fotonya juga beda lah, ga mungkin bisa sama..

logikanya gini, kalo FL nya beda, pasti angle of view nya beda, nah..angle of view yg berbeda ini, otomatis akan menghasilkan foto yg berbeda juga, bisa anda coba sendiri lah..

misal anda motret orang yg berdiri (orangnya tetap ya, jangan pindah2),

pertama2 fotolah orang itu dengan lensa posisi FL 70 mm dari jarak yg sedemikian rupa sehingga anda mendapatkan foto orang tersebut full body, misal batas atas foto mepet di kepala & batas bawah mepet di kaki (dicoba2 saja langsung difoto, ga usah dihitung2 yah big grin)

kedua, ubah lah posisi FL lensa menjadi 18 mm, kemudian anda mendekat2 terus..ke obyek (obyeknya jangan pindah2 lho ya, harus bener2 tetap ditempat semula), sampe anda bisa dapatkan foto obyek tersebut full body juga (sama seperti foto pertama).

nah kalo sudah, bandingkan hasilnya... apakah bisa sama..? happy happy

kalo mau lebih jelas bedanya, usahakan agar obyek yg difoto jangan dalam posisi mepet dengan tembok datar di belakangnya, fotolah obyek itu dengan backrground terbuka/luas, & amati lah perbandingan hasil fotonya secara menyeluruh..

selamat mencoba.. happy


dan saya pun setuju dgn konsep yang terakhir ini,,maen feeling aja sih,,masak tiap motret harus bawa kalkulator dan juga penggaris,,,
hahaha sekian

2 comments:

  1. mantab juragan,... :D
    nanti ane di privat yah :D

    ReplyDelete
  2. wkwkwkw,,oke2..sante ae ki tak ajari,
    tapi aku diajari scurity ya,,,tukeran ilmu ki,,
    hehehee

    ReplyDelete