Friday, December 11, 2009

Kampus IT, tapi nanggung....kenapa yah?

Assalamu'alaikum temen semua. sebelum memulai menulis ini maka saya tekan kan disini kalo tulisan ini ga bermaksud memojokkan siapapun dan pihak mana pun kalo ada yang ngerasa tersinggung ya saya minta maap sebesar - besarnya, maksud saya disini hanya ingin ada perbaikan kalau yang saya maksud nge baca tulisan ini :: ntar kyak kasus bu Prita::

ok saya mulai. mulai beranjak dari judul ya, mengapa saya memberi judul demikian? berangkat dari apa yang saya alami selama menjadi mahasiswa dikampus saya tercinta :terpaksa: yang ketika awal saya masuk selalu mendengar "propaganda" ttg kampus yang menggunakan sistem berbasis IT sehingga semuanya bisa "paperles".

tapi pada kenyataanya dan padha pelaksanaanya kurang dapat mencerminkan yang dinamakan Kampus berbasis IT. sebagai contoh mudah saja :


ini adalah obrolan saya dan seorang teman ttg kampus yang saya lakukan di statusnya

Proses Registrasi semester baru : Proses ini selalu dilaksanakan setiap pergantian semester. yang dimulai dari yang namanya "registrasi bayangan" oke lah ga terjadi masalah yang signifikan. terus tahap selajutnya adalah "input matakuliah" hanya dengan mengakses web registrasi dari mana saja kita bisa melakukan registrasi :keren ya...hahha:


itu belum selesai kawan, setelah proses itu yang aneh adalah kita harus "acc wali" yang dilakukan dengan menemui langsung wali nya masing2 :tergantung dosennya masing2 ada yang lewat sms aja,,hahhaha: dan yang pasti ada adalah proses "cetak KSM" setelah itu berakhir lah sudah proses registrasi.

oke langsung ke masalahnya :
1.masalah sering terjadi pada saat proses "input matakuliah" bayangin aja padahal udah registrasi bayangan masih aja ga dapat kelas dan yang paling miris adalah jadwal kita bentrok, padahal yang ngasih jadwal adalah system bukan kita yang menentukan sendiri :menunjukkan ketidaksiapan sistem: terpaksa kita harus atur ulang jadwal ya dengan cara menambah masalah lagi yaitu "kelas penuh" dan mungkin jalan terkhir adalah ganti amta kuliah :kalo kaprodi nya ga mbuka kelas baru: PARAH KAN!!!
2. oke lah kita bisa bangga karena input matakuliah bisa lewat mana saja,,mau dari rumah dari warnet dari kampus dari HP dll :IT BANGET YA: tapi lihat lah proses selanjutnya , yaitu "proses acc wali" dan "cetak KSM". perlu diketahui proses ini harus lah kita dtang sendiri ke wali untuk ACC dan kemudian ke loket rektorat buat cetak KSM dengan membawa KTM masing2, :sekarang letak IT nya dimana ya: bingung juga sayah..
3. ini terjadi pada semester lalu, yaitu system tidak siap dalam menangani jumlah user yang sangat padat bahkan over load sampai2 WEB kampus down untutk beberapa jam, alhasil banyak yang kacau registrasinya. ga tau kenapa begitu apakah karena jumlah mahasiswa yagn terlalu banyak ataukah karena pergantian system yang ga siap, ada yang bilang karena ganti admin :ga tau juga lah: apakah ini menujukkan kesiapan senbuah kampus yang katanya berbasis IT???

ya itu sih beberapa dari banyak masalah yang menyangkut dunia kampus saya yang katanya sih berbasis IT. semoga kedepannya ada perbaikan dari pihak yang bersangkutan.
sebenernya jadi kepikiran untuk kembali ke system manual, ya walaupun harus antri tapi khan jelas waktunya. tapi itu cuma angan2 saya aja,,hehhe
sekian dan terimakasih

No comments:

Post a Comment