Friday, October 15, 2010

Tips mengikuti Jobfair dan melamar kerja melalui jobfair (newbie inside)



Assalamu'alaikum saudara sebangsa setanah air.


just wanna share again

oke kita langsung saja pada intinya, ini saya tulis berdasar pengalaman pribadi ketika kemaren mengikuti jobfair disebuah univ terkemuka di JOGJA (red: UGM) .

1. Pastikan bahwa pihak penyelenggara jobfair memang sebuah lembaga yang bonafit.
2. Pastikan anda tau perusahaan apa saja yang berpartisipasi pada event tersebut, termasuk loker apa saja yang mereka buka, sehingga anda bisa menyiapkan dan membuat "peta" dimana saja kira2 anda akan mendaftar.
3. Siapkan segala macam kelengkapan melamar, ex: Surat Lamaran, CV, IJASAH/SKL, Transkrip Nilai, Fotocopy KTP , foto berwarna 3x4 dikit aja dan 4x6 agak banyak.
4. Kelengkapan diatas hendaknya dibuat sesuai jumlah lamaran yang akan anda masukan, tapi untuk jaga2 silahkan dibuat lebih.
5. Jika anda tipe orang yang tidak mudah "pusing" maka sebarlah CV anda sebanyak2nya ke semua perusahaan yang menggelar jobfair, tapi kalau menurut hemat saya lamarlah pekerjaan yang sesuai dibidang anda,ato paling tidak pekerjaan yang memang anda sukai (jadi harus tau dulu jobdesknya) . karena jika pada jobfair yang sama anda melamar banyak perusahaan secara membabibuta,alhasil akan dibuat pusing anda oleh jadwal test yang bentrok2 (karena banyak perusahaan yang langsung mengadakan interview ato psikotes setelah anda menyebar pesona CV anda). daripada pusing mendingan pilih yang pasti2 saja :D
6. Jangan membeli AMPLOP atau MAP terlalu banyak ,karena sungguh itu tidak ato jarang berguna. seperti yang terjadi pada teman saya MOCHTAR AJI NUGROHO dan ASRI PUSPITA , mungkin mereka ingin berwira usaha (jualan amplop/map) 
7. Saat jobfair mungkin kebanyakan orang berpikir mereka hanya menyerahkan syarat2 melamar (point 3), tapi jangan salah, kebanyakan atau sebagian besar langsung mengadakan wawancara sambil jalan walk in interview jadi usahakan saat datang ke jobfair pakailah pakaian yang menunjukan anda siap bekerja, bukan dengan dandanan kalau mau ke mall ato jalan-jalan.
8. Saran saja buat yang cewek (cuma saran) jangan pakai hak tinggi (ex: 12cm),yang biasa saja,karena mungkin akan menyakiti anda sendiri (seharian berdiri memakai hak tinggi.bisa anda bayangkan???)
9. jangan lupa berdoa dan memohon restu orangtua .

Oke sekian dulu tips dari saya,semoga berkenan,karena hanya bedasarkan pengalaman pribadi dan intisari dari apa yang terjadi pada teman2 saya .

Sekian & Wassalam
-Packdhe, wiraswasta_

No comments:

Post a Comment