Sunday, October 31, 2010

#prayforindonesia



Assalamu'alaikum

hmm,,dipenghujung bulan oktober ini pengen nulis sesuatu yang agak nasionalis

yah, sesuai dengan judulnya #prayforindonesia kalo kita googling maka akan terdapat sekitar 384,000 hasil penemuan oleh mbah google, dan pada bulan oktober ini pula di FB, mungkin juga Tweeter dan situs yang lain banyak sekali yang memasang kata2 seperti itu (red:#prayforindonesia). ada apa sih sebenarnya??

ntah siapa yang pertama kali mencetuskan,yang jelas tiba2 kata2 itu menjadi begitu populer diakhir bulan oktober ini, apakah makna dan apa yang mendasari dari muculnya kata2 tersebut???mari kita telaah bersama,tapi maap ya, hanya sebatas ini pengetahuan saya,aklo ada yang salah mohon dikoreksi.


Dimulai dengan bencana2 yang terjadi di indonesia pada akhir bulan oktober ini,yang pertama adalah gempa dan Tsunami yang menimpa saudara2 kita di mentawai, yang menelan korban tidak hanya satu ato 2 orang saja, tapi ratusan jiwa menjadi korban, tidak hanya nyawa yang menjadi korban, infrastruktur di pulau tersebut juga rusak total karena terjadinya tsunami ini.



tidak cukup hanya di mentawai saja, dalam waktu yang hampir sama pun terjadi bencana yang menimpa saudara2 kita di jawatengah dan DIY dengan kembali aktifnya gunung MERAPI, walaupun belum meletus tapi dampaknya sudah banyak dirasakan, antara lain hujan abu dan juga turunnya awan panas. bahkan telah jatuh juga beberapa korban karena tidak sempat dievakuasi oleh team evakuasi dan bahkan ada juga yang menolak untuk dievakuasi. korban2 tersebut termasuk juga kuncen merapi mbah marijan. beliau benar2 menepati janjinya untuk menjaga merapi sampai akhir hayat.

itulah 2 kejadian yang membuat bangsa indonesia kembali dirundung duka yang mendalam. memang di negeri SERIBU SATU BENCANA ini sebenarnya tidak asing dengan yang namanya bencana alam. tapi untuk kesekian kali bencana terjadi di bumi indonesia ini, kali ini agak sedikit berbeda, 2 bencana terjadi sekaligus dalam waktu yang hampir bersamaan.

owh ya, maap saya lupa menambahkan, bencana juga menimpa saudara2 kita di timur indonesia pada bulan oktober ini yaitu bencana banjir bandang di WASIOR,papua. lengkap sudah bencana yang menimpa bangsa ini.

maka tidak mengherankan bahwa sebagai bangsa dengan seribu satu bencananya, kita sepatutnyalah untuk berdoa kepada penguasa seluruh alam ini, agar bangsa kita tidak terus menerus dirundung duka. amiiin,,,

Tapi pertanyaanya apakah kita hanya akan berdoa???tidak adakah yang perlu dirubah dari diri kita sebagai bangsa indonesia?? tentunya kita haruslah berinstropeksi diri atas semua tindakan kita di bumi ini, apakah sudah benar atokah masih banyak penyelewengan2 yang kita lakukan terutama ketidakadilan kita pada alam. mungkin saja alam marah pada kita karena tindakan kita yang sangat tidak berpihak pada alam.

mungkin alam ingin mencari keseimbangannnya kembali setelah oleh kita alam dibuat tidak seimbang.tapi pasti dari diri kita akan mucul pertanyaan "apa yang bisa kita lakukan??siapakah kita sehingga bisa memperbaiki alam??" pertanyaan yang cukup wajar, tapi menurut saya, tetap berpegang pada ilmu yang saya dapat saat SD, memulai sesuau sebaiknya dimulai dari sendiri, kemudia keluarga, masyarakat sekitar, barulah masyarakat sekitar.

saya yakin jika SEMUA orang di bumi INDONESIA tercinta ini mau MENGINGAT dan MENGAMALKAN ilmu jaman SD ini, dan dengan ijin pencipata alam ini, insyaallah alam akan bersahabat dengan kita kembali,,
amiin,,

semoga saat2 itu bisa kita rasakan bersama,,amiin


_Arief Kharisma Feryanto , S.T-









No comments:

Post a Comment