Thursday, April 22, 2010

Sehat itu mahal -chek kesehatan anda secara berkala_


kesehatan, sesuatu yang gampang2 susah untuk didapatkan. kalo dapat ya harus disyukuri kalo nggak ya harus disyukuri juga,,hehehhe


sehat itu mahal, bener menurut saya,,karena ketika sakit,maka kita harus mengeluarka uang dan waktu lebih banyak untuk mengobatinya.

secara berkala harus dichek,tepat menurut saya,karena kalo ga dichek \secara berkala maka jagansalahkan penakit kalo tiba2 dia mendatangi anda.

kejadian ini saya alami sendiri,contoh yang harus dichek dan dikontrol dengan cermat dan berkala adalah :sala satunya: berat badan dan tekangan darah. setelah sekian lama ga chek TKP, eh salah,,chek berat badan dan tensi darah. eh tiba2 ternyata saya suda kegemukan dan darah tinggi pula,,hiks

dengan berat tepat berada di 87Kg dan tinggi hanya 180cm, sesuai rumus yang saya dapet di SD, itu termasuk kategori kegemukan,,,

rumus untuk menghitung berat badan ideal telah ada sejak lebih dari seabad lalu. Rumus berat badan ideal yang pertama dibuat oleh seorang ahli bedah Perancis bernama Dr. P.P. Broca pada tahun 1897 (Halls, 2005).
Seiring dengan berjalannya waktu, Rumus Broca telah mengalami berbagai modifikasi. Hal ini setidaknya dapat dilihat dari tiga kutipan berikut.
Rumus Broca seperti yang dikutip dari tulisan Steven B. Halls (2005) adalah :
Wanita : Berat Badan Ideal (kg) = Tinggi Badan (cm) – 100 ± 15% Pria: Berat Badan Ideal (kg) = Tinggi Badan (cm) – 100 ± 10% 
 Tetapi banyak orang menggunakan rumus yang sangat disederhanakan, yaitu :
          Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan - 100) - 10% (Tinggi Badan - 100)

hehehee,,ya diitung2 kyaknya masuk ke kategori gemuk,,,,hehehheh


trus kemudian tekanan darah anda,ini juga penting lho,,hehehe
tadi iseng2 ngechek tensi, pake tensimeter digital,eh lha kog tidak dinyana tidak disangka, tekanan darah saya 160/100 mmHg.. alhasil kalo sesuai tabel, itu dah berada di tingkat HYpertensi,,hmmmm...

Tekanan darah normal 120 untuk sistolik dan 80 untuk diastolik
tapi kalo menurut dosen saya, ada rangenya 110-140 dan 60-90

wah jelas2 berada diluar range normal,,hehehe 

kemudian ada temen saya yang menasehatkan beerapa hal agar tekanan darah kita agak menurun : begini katanya

"@arief:tp kn hrs dikontrol tek.darahnya jgn smpe ktinggian.klo msh muda emg ga mslh.tp biasane memicu tjd penyakit laen klo usia udh senja,
mending dr skrg udh dicegah..
He,he,
klo ga mau pke obat,bisa dg modifikasi diet dan perbnyk olah raga."

"Modifikasi diet tdk sama dg kurangi makan,tp makan mknan yg tdk menambah buruk kondisi hipertensinya,
misal:kurangi kopi,bnyk mkn buah2 yg bs mnrunkn tensi(semangka,timun,melon
),
emg hmpir sebag.bsr penyakit akan membaik jika disertai aktivitas fisik(olah raga)
he,he.."
"Loh rip,kopine dikurangi aja ditambah..soale isoh marai tensimu dhuwur.
Oalah ngono.!yo rasah ben dina,tp kadang2 wae..rasah akeh2,

Hmmph,sji engkas rip, aja mikir bgt2 soale stress ki yo isoh dadi penyebab-e,"

"
Wduu..digawe nynte wae,ben ra stress.
Weh,sak kerdus.?uakeh tnan,
nggo q wae,soale q mlh hipotensi..ha,ha,ha
yo kaya nduwur mau rip,buah sing cocok:timun,smgka,melon.
Nak buah sing marai tensine dhuwur ki:duren (wuihh pdhl enak kw,he,he)"

hehehhee,,itu dy beberapa petikan dari obrolan saya dan seorang teman di wall FB saya.
ok saya perpendek :

intnya: kurangi KOPI, banyak makan buah dan rajin olah raga,dan hindari stress

sementara yang sudah saya lakukan, olahraga secara rutin :futsal,badminton: mengurangi kopi..heheheh

sekian postingan dari saya,terimakasih sudah menyimak,,,maap kalo postingan ga bermutu,hehehhe

4 comments:

  1. ditambah jangan tidur dinihari terus mas.....
    pola tidur juga mempengaruhi

    ReplyDelete
  2. wkwkwkkwkw,iyo mble,,malah saiki rung turu aku
    posisi jam 04.09WIB
    hahahaha

    angel yen ra turu esuk
    :D

    ReplyDelete
  3. kurangi sing goreng2an pak. yen mangan ayam kulite rasah melu dipangan :D

    ReplyDelete
  4. wah yen kui angel om,,hahaha
    po meneh kulit ayamm,,enak e ra ketulungan,,
    tapi matursuwun saran e
    :D

    ReplyDelete